carilah kalimat aktif transitif dan kalimat aktif intransitif dalam teks tersebut!Para ahli

Para ahli memendekkan bahwa masalah tersebut disebabkan makanya praktik pembangunan yang tidak memerhatikan kelestarian alam, ataudisebut pembangunan nan tidak berkelanjutan. Sebaiknya, konsep pembangunan adalah menunaikan janji kebutuhan manusia momen ini dengan mempertimbangkan kebutuhan generasi mendatang kerumahtanggaan menepati kebutuhannya.

Penerapan konsep pembangunan per-sisten pada saat ini ternyata jauh dari harapan. Kesulitan penerapannya terutama terjadi di negara berkembang, salah satunya Indonesia. Perumpamaan contoh, setiap tahun di negara kita diperkirakan terjadi penebangan wana seluas 3.180.243 ha (maupun seluas 50 siapa luas kota Jakarta). Peristiwa ini lagi diikuti oleh punahnya dunia tumbuhan dan sato langka, Takrif ini sangat jelas menggambarkan kehancuran alam yang terjadi waktu ini yang diikuti provokasi bagi basyar.

Pada perian 2005 – 2006 tercatat, sudah lalu terjadi 330 batu banjir, 69

bencana kapling longsor, 7 bisikan letusan ardi berapi, 241 gempa bumi,dan 13 bencana tsunami. Batu longsor dan banjir itu disebabkan oleh perusakan alas dan pembangunan nan melupakan kondisi alam.

Bisikan alam tak yang menimbulkan kuantitas bulan-bulanan banyak terjadi karena praktik pembangunan nan dilakukan minus memerhatikan potensi bencana. Misalnya, air ampuh yang terjadi di Jakarta sreg Februari 2007, dapat dipahami sebagai dampak pembangunan daerah tingkat yang meneledorkan perlindungan lingkungan.

Menurut cak regu ahli Pusat Penelitian dan Pengembangan Sendang Kancing Air, penyebab terdahulu banjir di Jakarta ialah pembangunan kota yang mengabaikan fungsi distrik resapan air dan tampungan air. Kejadian ini diperparah dengan saluran drainase kota yang tidak terencana dan tidak terawat serta lambak sampah dan limbah di sungai. Jadinya, debit air hujan yang hierarki menyebabkan rayuan air ampuh yang tidak terelakkan.

Penyakit lingkungan di atas merupakan masalah serius nan harus segera diatasi. Meskipun tidak siapa tanggulang keenam masalah terdahulu mileu tersebut, sedikitnya harus dicari solusi untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi.